Rumus EXACT Excel : Cara Menggunakan Fungsi Exact Pada Microsoft Excel

Rumus EXACT Excel : Cara Menggunakan Fungsi Exact Pada Microsoft Excel

Rumus Exact Excel : Cara menggunakan fungsi exact untuk membandingkan atau mencocokkan data di excel.
Fungsi Rumus Exact Excel Untuk Membandingkan Dua Buah Teks

Fungsi EXACT Excel

Pernahkah anda bermaksud mencocokan data di excel? kemudian anda ingin dua buah teks yang anda bandingkan peka terhadap perbedaan karakter huruf besar dan kecil.

Jika iya, maka cobalah menggunakan fungsi EXACT pada rumus excel yang anda gunakan.

Pada microsoft excel fungsi atau rumus exact tergolong dalam kategori Fungsi Teks. Dalam sebuah rumus excel, fungsi Exact digunakan untuk mencocokkan dua buah teks secara case sensitive. Artinya fungsi ini peka terhadap perbedaan huruf besar dan kecil.

Fungsi Exact akan menghasilkan nilai logika TRUE jika nilai teks yang dibandingkan identik atau sama persis dan sebaliknya akan menghasilkan nilai logika FALSE jika teks yang dibandingkan tidak sama.

Sekarang bagaimana cara menggunakan fungsi Exact excel ini pada sebuah rumus excel?

Cara Menggunakan Fungsi EXACT Excel

Cara menggunakan fungsi Exact pada rumus excel mengikuti sintaksis penulisan berikut:

EXACT(Teks1; Teks2)

Argumen Teks1 pada fungsi Exact merupakan string teks pertama yang akan dibandingkan, sedangkan Teks2 adalah string teks sebagai pembanding untuk Teks1.

Fungsi Exact cocok digunakan jika anda bermaksud membandingkan setiap baris data pada 2 kolom yang berbeda di excel dengan mempertimbangkan perbedaan besar kecil huruf yang digunakan.

Fungsi Exact peka huruf besar kecil, namun mengabaikan perbedaan pemformatan sel.

Jika anda bermaksud membandingkan 2 kolom data lalu ingin mengetahui teks yang unik dan teks yang memiliki duplikat pada kolom lainnya silahkan baca pada halaman berikut: Rumus mencari data yang sama dari dua kolom berbeda

Contoh Rumus EXACT Excel

Perhatikan beberapa contoh penggunaan rumus excel EXACT pada gambar berikut:

Contoh Fungsi Rumus Exact Excel
=EXACT(B2;C2)

Pada contoh pertama fungsi Exact digunakan untuk membandingkan nilai dari sel B2 dan C2. Kedua teks pada sel-sel yang dibandingkan cocok dan sama persis baik karakter teksnya maupun besar kecilnya huruf sehingga Rumus Exact menghasilkan nilai TRUE.

Pada contoh kedua rumus exact yang digunakan adalah:

=EXACT(B3;C3)

Nilai teks pada sel B3 adalah "Kelas", sedangkan pada sel C3 adalah "Excel". Kedua teks ini jelas berbeda sehingga fungsi Exact menghasilkan nilai FALSE yang artinya kedua teks yang dibandingkan tidak sama.

Pada contoh ke-3 rumus excel pada sel D4 adalah:

=EXACT(B4;C4)

Kedua nilai teks yang dibandingkan adalah "Buku" dan "buku". Meskipun sama-sama disusun oleh huruf B-U-K-U kedua teks ini dianggap berbeda atau tidak identik sama sebab pada huruf pertama pada teks pertama menggunakan huruf besar sedangkan pada teks kedua menggunakan huruf kecil. Oleh fungsi Exact kedua teks ini dianggap berbeda dan hasil rumusnya adalah FALSE.

Hal yang sama juga terjadi pada contoh nomor 4, dimana ada perbedaan penggunaan huruf besar dan kecil.

Sekarang perhatikan contoh nomor 5 dan 6 pada gambar di atas.

Jika diperhatikan masing-masing teks pada sel-sel yang dibandingkan terlihat sama. namun kenapa pada contoh nomor 6 menghasilkan nilai FALSE yang artinya bahwa fungsi Exact menganggap bahwa teks yang dibandingkan atau dicocokkan pada contoh nomor 6 dianggap berbeda atau tidak sama?

Jika lebih teliti lagi pada contoh nomor 6, teks kedua sebenarnya mengandung spasi di awal teks, itulah yang menyebabkan teks yang dibandingkan pada contoh nomor 6 dianggap berbeda.

Khusus untuk kasus nomor 6, jika anda menghendaki menghapus spasi berlebih pada sebuah teks dengan microsoft excel anda bisa menggunakan fungsi TRIM Excel.

Demikian cara menggunakan fungsi exact pada microsoft excel, lain waktu akan kita sambung dengan pemanfaatan rumus exact dalam melakukan Lookup data yang case sensitive atau pekas huruf besar dn kecil.

LANGGANAN GRATIS!

Dapatkan update tutorial excel gratis langsung ke email anda.