Rumus COUNTA dan COUNTBLANK Excel - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara menghitung sel excel yang berisi bilangan angka, yakni dengan menggunakan fungsi COUNT. Sehingga jika sebuah sel ada yang berisi teks maka sel tersebut tidak akan masuk hitungan.
Jika kita bermaksud menghitung jumlah sel yang berisikan teks maka excel menyediakan sebuah fungsi yang bisa kita manfaatkan untuk menghitung jumlah sel-sel tersebut. Fungsi Excel yang saya maksud adalah fungsi COUNTA.
Lalu bagaimana jika kita hendak menghitung jumlah sel kosong? Untuk keperluan itu excel menyediakan fungsi COUNTBLANK.
Fungsi/Rumus Excel | Keterangan |
---|---|
COUNTA | Fungsi/Rumus excel untuk menghasilkan jumlah sel yang tidak kosong (empty) |
COUNTBLANK | Fungsi/Rumus excel untuk menghasilkan jumlah sel yang kosong (empty) |
Sekilas fungsi ini tidak akan ada gunanya. Namun jangan salah, fungsi ini akan sangat kita butuhkan dalam kasus-kasus excel tertentu.
Untuk saat ini akan saya jelaskan dulu bagaimana cara kerja kedua fungsi ini.
Fungsi COUNTA Excel, Rumus Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong
Fungsi Rumus COUNTA pada Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong (empty) pada rentang sel tertentu.
Dengan rumus COUNTA kita tidak hanya menghitung sel yang berisi angka saja, sel yg berisi teks juga akan ikut terhitung.
Jika hanya menghendaki menghitung sel yang berisi teks tertentu maka gunakan fungsi COUNTIF atau menggunakan fungsi COUNTIFS jika kriterianya lebih dari satu (banyak).
Cara Menggunakan Fungsi Counta
Cara menggunakan fungsi atau rumus Counta Excel adalah seagai berikut:
COUNTA(value1; [value2]; ...)
Argument value1, value2 pada fungsi ini adalah rentang data yang akan kita hitung jumlah sel yang ada isinya. Pada fungsi COUNTA ini, kita bisa memasukkan beberapa range excel sekaligus.
Contoh Rumus Counta
Contoh penggunaan rumus COUNTA di excel bisa Anda lihat pada contoh berikut:
Pada Cell F2 rumus excel yang digunakan adalah:
=COUNTA(A2:C4)
Rumus counta ini digunakan untuk menghitung cell yang terisi pada range A2:A4. Hasil dari rumus tersebut adalah 8.
Untuk cell F3 rumus counta digunakan untuk menghitung jumlah cell yang terisi pada range A7:A10. Rumus excelnya sebagai berikut:
=COUNTA(A7:C10)
Hasil rumus diatas adalah 10.
Untuk Cell F4, Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung cell yang terisi pada range A2:C4 dan Range A7:C10.
=COUNTA(A2:C4;A7:C10)
Hasil rumus diatas adalah 18
Fungsi COUNTBLANK Excel, Rumus Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Kosong
Rumus COUNTBLANK Excel ini bisa dibilang kebalikan dari rumus COUNTA.
Fungsi COUNTBLANK di Excel digunakan untuk mengetahui atau menghitung jumlah sel kosong(empty) pada rentang sel tertentu yang kita tentukan.
Bagaimana cara menggunakannya? kita lanjutkan pada pembahasan berikutnya di bawah ini.
Cara Menggunakan Fungsi Countblank
Cara menggunakan fungsi rumus COUNTBLANK cukup mudah. Yakni dengan mengikuti kaidah peulisan berikut:
COUNTBLANK(range)
Argument range pada fungsi COUNTBLANK ini merupakan kumpulan sel yang akan kita hitung jumlah sel kosongnya.
Contoh Rumus Countblank
Contoh penggunaan rumus Countblank pada microsoft excel adalah sebagai berikut:
Dari contoh diatas jika memasukkan Rumus Excel berikut pada cell E3 akan menghasilkan nilai 2 :
=COUNTBLANK(A2:A11)
yakni menghitung jumlah sel A6 dan sel A9 yang kosong. Sekarang coba masukkan rumus berikut pada cell E4:
=COUNTBLANK(A2:B11)
Rumus diatas akan meghasilkan nilai 5 yakni jumlah sel kosong pada A6, A9, B4, B7, dan B10.
Sebagai catatan, bahwa saat menggunakan rumus COUNTBLANK, nilai empty teks("") sebagai nilai kosong juga.
Masih belum jelas? silahkan sampaikan dikolom komentar.