Pengertian Fungsi NOT Excel
Pada microsoft excel Fungsi NOT digunakan untuk membalikkan nilai argument. Jika logika yang diuji menghasilkan nilai FALSE, maka rumus NOT akan menghasilkan nilai TRUE dan jika logika yang diuji menghasilkan nilai TRUE, maka rumus NOT menghasilkan nilai logika FALSE.
Jika sebelumnya anda sudah mempelajari tentang penggunaan fungsi AND dan fungsi OR, maka memahami cara menggunakan fungsi NOT pada sebuah rumus excel ini akan melengkapi kedua fungsi tersebut.
Fungsi AND akan menghasilkan nilai true jika semua argument bernilai benar. Fungsi OR akan menghasilkan nilai true jika salah satu argument bernilai true/benar. Sedangkan Fungsi NOT berfungsi mengubah nilai TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE.
Cara Menggunakan Fungsi NOT Excel
Berikut cara menggunakan fungsi NOT excel:
NOT(logical)
Argumen Logical pada fungsi NOT Excel di atas adalah Nilai atau ekspresi logika yang bisa dievaluasi menjadi nilai TRUE atau FALSE.
Contoh Rumus NOT Excel
Perhatikan contoh berikut dalam menggunakan fungsi NOT ke dalam rumus excel
KETERANGAN :
- Kebalikan dari TRUE adalah FALSE
- Kebalikan dari FALSE adalah TRUE
- Nilai logika 1=2 adalah FALSE, NOT membalikkan nilai FALSE menjadi TRUE
- Nilai logika 2-1=1 adalah TRUE, NOT membalikkan nilai TRUE menjadi FALSE. Karena nilai yang diuji FALSE makan Fungsi IF menghasilkan "SALAH"
Setelah belajar memahami cara menggunakan fungsi NOT dalam rumus excel ini, silahkan membaca juga tentang perbedaan Fungsi OR dan fungsi AND.