Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?
Pada microsoft excel, Fungsi OR juga termasuk kedalam kategori fungsi logika seperti Fungsi AND. Kegunaan fungsi excel OR dan AND sama-sama membandingkan dua atau lebih kondisi sehingga menghasilkan nilai True atau False.
Apa dan bagaimana manfaat atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bersama.
Pengertian Fungsi OR Excel
Fungsi OR adalah Fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argumennya bernilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Jadi dalam hal menghasilkan nilai logika True atau False, Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND.
Saat menggunakan rumus OR, nilai logika TRUE akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan jika semua kondisi tidak terpenuhi.
Uji Logika | Hasil Rumus OR |
---|---|
Semua kondisi bernilai TRUE | TRUE |
Semua kondisi bernilai FALSE | FALSE |
Salah satu/lebih kondisi bernilai TRUE | TRUE |
Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR adalah syarat atau kondisi untuk menghasilkan nilai boolean TRUE dan FALSE-nya.
Perhatikan tabel fungsi logika OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya tentang nilai logika TRUE atau FALSE yang akan dihasilkan oleh fungsi OR Excel saat membandingkan argumen-argumennya:
Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kriteria
Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 kondisi evaluasi.
Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kriteria
Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 kondisi evaluasi.
Fungsi AND hanya akan menghasilkan nilai logika TRUE jika semua kondisi TRUE, sedangkan pada fungsi OR hanya akan menghasilkan nilai logika FALSE jika semua kondisi FALSE.
Cara Menggunakan Rumus OR Excel
Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel adalah sebagai berikut:
OR(Logika1; [Logika2]; ...)
Argumen Fungsi OR:
- Logika1
- Kondisi pertama yang ingin kita uji yang akan dievalusi ke TRUE atau FALSE.
- Logika2; ...
- (Opsional) Kondisi tambahan yang ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.
Contoh Rumus OR Excel
Berikut beberapa contoh dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.
Contoh Rumus OR Excel 1
perhatikan contoh sederehana rumus OR Excel berikut:
Pada contoh nomor 6 (cell C7), rumus excel OR yang digunakan:
=OR(10>5;10>15;10>20)
Evaluasi rumus diatas adalah:
=OR(TRUE;FALSE;FALSE)
Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 dan 20 rumus excel ini akan menghasilkan nilai logika TRUE, sebab fungsi OR hanya akan meghasilkan nilai logika False jika hasil uji logika semua argument mengevaluasi ke False.
Contoh Rumus OR Excel 2
Selanjutnya perhatikan juga contoh rumus OR pada excel berikut:
Pada contoh diatas rumus excel pada sel D2 adalah:
=OR(A2>70;B2>70)
Jika diterjemahkan ke dalam kalimat kira-kira akan seperti ini:
Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?
Evalusi rumus diatas adalah:
=OR(TRUE;FALSE)
Dan hasilnya adalah TRUE, sebab salah satu argumentnya bernilai TRUE.
Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF
Pada contoh berikut, fungsi OR digunakan sebagai salah satu argument pada fungsi IF Excel.
=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")
Pada contoh diatas, Fungsi OR digunakan untuk menentukan nilai akhir dari fungsi IF.
Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF Gabungan.
Cara semacam ini tentunya lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan rumus iF bertingkat untuk menghasilkan nilai yang sama untuk beberapa kondisi.
Pada rumus pertama jika diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan seperti ini:
Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? Jika YA maka tulis Lulus, Jika TIDAK maka tulis Tidak lulus.
Pada contoh ini jika salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menghasilkan teks "Lulus".
Seperti yang telah anda pelajari dari contoh rumus OR di atas seringkali anda akan membutuhkan operator perbandingan excel dalam menggunakan fungsi OR excel ini.
Pada prakteknya anda harus benar-benar jeli untuk memutuskan kapan harus menggunakan fungsi AND dan kapan harus menggunakan fungsi atau rumus OR excel ini.